5 Aplikasi Edit Foto yang Wajib Ada di Smartphone

January 13, 2020


Apakah kalian sadar bahwa kecanggihan dari kamera ataupun smartphone yang kalian punya masih belum dapat menjamin sebuah hasil jepretan yang sempurna? Percayalah bahkan sekelas professional photographer pun masih memerlukan proses editing sebelum akhirnya tampil percaya diri untuk mempublikasikan hasil karyanya. Yap! Disamping diperlukannya sebuah teknik khusus dalam proses pengambilan gambar, di dalam dunia fotografi juga dikenal adanya proses editing.

Saya pribadi seringkali merasa kurang puas dengan hasil jepretan saya, kadangkala masih ada saja foto yang terlalu terang/gelap, kabur, warnanya kurang kontras, dan lain sebagainya. Sebenarnya, berbagai kekurangan yang terdapat pada hasil jepretan tersebut tidak akan menjadi penghalang bagi kalian untuk mendapatkan sebuah karya fotografi yang indah dan menarik, hal ini dikarenakan kalian bisa melakukan proses editing untuk menyempurnakan hasil jepretan kalian, bahkan foto yang nampak kabur pun dapat terlihat sangat aesthetic.

Nah, apa aja sih aplikasi photo editing yang dimaksud?

VSCO

Hampir semua foto dalam instagram saya menggunakan VSCO sebagai wadah untuk proses editing, hal ini dikarenakan tampilan dan fiturnya yang sangat friendly bagi para awam dan penggunaannya pun tidak ribet sama sekali. Pilihan Filter-nya juga beragam dan bagus-bagus, nah, hal inilah yang kemudian membuat saya mempercayakan foto-foto saya untuk dipoles menggunakan VSCO, agar hasil akhirnya menjadi semakin indah dan pastinya sesuai dengan selera saya. 

A Color Story



Serupa dengan VSCO aplikasi ini juga memiliki fitur efek dan filter yang beragam dan  tentunya gratis, yang menjadikannya sedikit berbeda dengan VSCO adalah ragam efek dan filter-nya yang tone-nya tidak se-berwarna pada VSCO, tone pada ragam efek dan filter aplikasi ini lebih ke white bright yang cenderung bersih/jernih (tidak terlalu berwarna). 

Adobe Photoshop Lightroom




Aplikasi yang satu ini telah menjadi primadona banyak orang untuk photo editing. Saat ini, hampir semua selebgram dan anak muda lainnya memiliki tampilan feed  instagram dengan tone, konsep & efek editing yang sama, yang jika kalian tanya mereka editnya pakai aplikasi apa, yakin 100% mereka akan menjawab "Lightroom". Sebenarnya saya pribadi tidak terlalu sering dan mahir dalam menggunakan aplikasi ini, karena menurut saya, jika dibandingkan dengan VSCO, aplikasi ini terkesan lebih professional used dimana preset-nya dilakukan secara manual (fitur Filter tidak tersedia)sehingga menjadikannya sedikit ribet untuk digunakan. Namun, hal yang paling saya sukai dari aplikasi ini adalah kemampuannya dalam meningkatkan keterangan dari hasil jepretan yang gelap atau kurang pencahayaan, nah selain itu aplikasi ini juga mampu membuat sebuah warna yang ada di foto menjadi lebih pop-up, bahkan hingga warna asli dari foto tersebut berubah (ex: langit yang biru menjadi ungu). Tapi, walaupun demikian hal inilah yang kemudian menjadikannya favorite banyak orang, karena mampu membuat tampilan feed instagram tampak senada (se-tone).

Tezza



Tezza dapat dikatakan sebagai aplikasi pelengkap/pendamping yang serasi dengan Lightroom, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, bahwa banyak dari anak muda zaman sekarang yang memiliki tampilan feed instagram yang mirip. Nah, aplikasi Tezza ini selain memberikan fitur Filter juga menyediakan fitur yg dapat memberikan tambahan "dust" pada foto kita (jadi ala-ala foto jadul gitu) dan fitur tersebutlah yang menjadikan Tezza digemari banyak orang.

PicsArt




Berbeda dari empat aplikasi sebelumnnya, aplikasi PicsArt tidak memiliki kemampuan photo editing seperti ke-empat aplikasi di atas, akan tetapi ketika kita berniat mengunggah foto ke instagram atau menjadikannya sebagai foto profil, seringkali mengharuskan foto dengan ukuran tertentu, sehingga akan membuat foto kita menjadi terpotong ketika hendak diunggah. Nah, cara untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan menggunakan fitur Fit pada PicsArt, fitur tersebut akan membuat ukuran foto yang akan diunggah menjadi sesuai dengan ketetapan ukuran yang ada. Selain itu, tersedia juga fitur Sticker yang dapat kalian tambahkan pada foto kalian, ada juga fitur Grid yang dapat digunakan untuk menggabungkan beberapa foto kalian menjadi satu.

OK! Itu dia kelima aplikasi edit foto yang tentunya akan membuat hasil jepretan kalian semakin paripurna, kalau kalian belum punya dan merasa penasaran sama hasilnya, Yuk! Buruan dicoba. Terus, share juga dong aplikasi edit foto yang menjadi andalan kalian.



You Might Also Like

0 komentar

Subscribe